Friday, January 20, 2017

Makanan Paling Enak di Turki

Tinggal di Luar Negeri tak selamanya enak, nyaman, dan sentosa. Sesuatu yang menjadi kebutuhan primer yaitu Makanan dan Minuman pasti di setiap negara mempunya cita rasa yang berbeda. Begitupun di Negeri Ottoman ini yang dikenal dengan kepopuleran Kebapnya. Namun, jika lidah yang terbiasa memakan sesuatu yang memiliki banyak bumbu di dalamnya seperti masakan sunda, tidak akan terpuaskan oleh makanan di Turki.

PEOPLE WHO LOVE TO EAT ARE ALWAYS THE BEST PEOPLE. - JULIA CHILD
Meskipun demikian, ada beberapa makanan dan minuman yang menurutku cukup nikmat dan pastinya tidak ada negeriku sendiri.

1. Tantuni

Foto: Google Image
Makanan yang tampilannya seperti kebap di Indonesia ini menggunakan daging kambing atau ayam yang digoreng bersamaan dengan rempah-rempah lainnya seperti tomat, paprika, dan lain-lain. Lalu, dimasukan ke dalam Ekmek(Roti) atau Tortilla. Untungnya, makanan ini berasal dari Kota Mersin jadi sangat mudah bagiku menemukan makanan ini di setiap sudut jalanan.

2. Lahmacun

Foto: Google Image

Biasanya makanan ini sangat populer dikenal sebagai makanan Turki atau Armenia Pizza karena bentuknya menyerupai pizza. Makanan yang berisi daging sapi atau kambing dan sayuran lainnya di atas sebuah Pide(Roti) sangat nikmat dinikmati pada musim dingin.

3. Ayran

Foto: Google Image

Tanpa minuman yang terkenal seantero Turki ini, makanan diatas kurang lengkap rasanya. Semacam yogurt yang encer dan sedikit asin ini biasanya menjadi teman di setiap hidangan yang aku nikmati.

Tentunya masih banyak lagi makanan dan minuman khas Turki yang menggugah selera karena biasanya di setiap wilayah atau kota itu memiliki makanan khas masing-masing. Untuk pertama kali mencoba mungkin cukup aneh karena lidah juga butuh adaptasi sampai pada akhirnya aku ketagihan oleh makanan khas negeri dua benua ini. Menurutku, makanan Indonesia masih lebih enak dan bervariasi mulai dari bentuk hingga rempah-rempahnya.

FYI, lebih enak menghidangkan makanan di wilayah asalnya seperti Tantuni lebih memuaskan dinikmati di Kota Mersin.

Menurut kalian, makanan khas Turki mana yang paling enak? Aku sih, Tantuni.


EmoticonEmoticon